Rencana rahasia anti-Iran oleh AS dan Israel baru-baru ini sepertinya tidak akan membawa mereka kemana-mana

Posted on

Rencana rahasia anti-Iran oleh AS dan Israel baru-baru ini sepertinya tidak akan membawa mereka kemana-mana

LAPORANAKTUAL.com –  Sementara Rusia berusaha untuk memindahkan Suriah dari panggung perang dan anarki berdarah ke dalam satu perdamaian, stabilitas dan rekonstruksi – dengan mengundang semua pihak ke konferensi Sochi bulan depan untuk menyetujui jalan damai termasuk sebuah konstitusi baru dan pemilihan presiden dan parlemen – AS dan Israel menyusun rencana untuk meledakkan wilayah tersebut dan terjun ke dalam perang baru dengan dalih untuk menghadapi ancaman Iran.

Channel 10 Israel telah mengungkapkan bahwa sebuah kesepakatan rahasia telah tercapai pada 12 Desember, menyusul pembicaraan antara penasihat keamanan nasional Israel Meir Ben-Shabbat dan rekannya dari AS, HR McMaster, kedua pihak melakukan tindakan dan merancang skenario melawan Iran di beberapa bidang. Hal ini dilaporkan bertujuan untuk membatasi kemampuan nuklir dan rudal Iran, menggulung kembali kehadirannya di Suriah, dan menghadapi sekutunya Hizbullah di Lebanon. Gedung Putih kemudian mengkonfirmasi adanya kesepakatan tersebut setelah berita tersebut dirilis oleh media.

Dua perkembangan besar diperkirakan akan terjadi di kawasan ini di tahun baru. Pertama, runtuhnya Negara Islam (IS) dan hilangnya sebagian besar wilayahnya di Suriah, dan kedua, kekalahan proyek Amerika di Suriah. Ini didasarkan pada penggunaan kelompok oposisi bersenjata untuk menggulingkan rezim Presiden Bashar al-Asad, dan digagalkan oleh ketabahan tentara Arab Suriah, intervensi Rusia, dan dukungan dari sekutu seperti Iran dan Hizbullah, menempatkan Suriah di ambang batas fase baru rekonsiliasi dan pembaharuan nasional.

Dengan latar belakang ini, pemerintah AS saat ini khawatir pengaruhnya di wilayah tersebut meredup untuk kepentingan Rusia dan China dan kekuatan regional seperti Iran dan Turki. Negara pendudukan Israel, dikhawatirkan oleh kekuatan Hizbullah dan kemampuan militernya yang meningkat, dan kekhawatiran akan konsekuensi dari konflik yang muncul dari konflik Suriah.

Baik Saluran 10 maupun Gedung Putih tidak memberikan rincian rencana dan skenario yang dapat dilakukan AS dan Israel terhadap Iran dan Hizbullah. Tapi jelas bahwa salah satu skenario ini adalah untuk mencoba menggoyahkan Iran dari dalam oleh gangguan rekayasa atau demonstrasi dan mengaktifkan sejumlah kelompok separatis bersenjata. Pangeran Mahkota Saudi, Muhammad Bin-Salman, salah satu sekutu terdekat Timur Tengah Trump, mengatakan secara terbuka dalam sebuah wawancara TV beberapa bulan yang lalu. Dia memperingatkan negaranya akan ‘mengambil perang di dalam Iran’ sebagai tindakan pre-emptive – yang berarti sebelum Iran mencoba untuk membawa ‘perang’ ke Arab Saudi. Tidak mengherankan jika demonstrasi yang diadakan pada hari Jumat di beberapa kota Iran sebagai protes atas inflasi sebagian merupakan produk strategi itu.

Sangat diragukan bahwa skema AS dan Israel untuk menghapus Iran dan pengaruhnya dari Suriah dan Lebanon akan memiliki banyak peluang untuk berhasil, kecuali jika membayangkan perang habis-habisan. Bahkan saat itu, ini akan menjadi pertaruhan berbahaya yang bisa menimbulkan bencana, terutama untuk negara pendudukan Israel. Jika rudal Patriot AS tidak dapat mencegat beberapa roket yang ditembakkan oleh pasukan Yaman terhadap kota-kota Saudi, sistem ‘Iron Dome’ Israel tidak mungkin melaju lebih baik melawan rudal Hizbullah yang lebih maju dan akurat, terutama jika mereka ditembakkan dalam jumlah ratusan , jika bukan ribuan, terhadap kota-kota Israel.

Ancaman Israel dan Amerika Serikat mungkin sama artinya dengan perang psikologis, atau bisa ditujukan untuk meyakinkan sekutu Arab mereka yang ketakutan dan mendorong mereka untuk menghabiskan puluhan miliar dolar lebih banyak untuk persenjataan Amerika. Begitulah, tahun depan mungkin terbukti sangat menakutkan bagi AS dan sekutu Israel-nya. Mereka mungkin mencoba keberuntungan mereka, tapi hasilnya pasti tidak sesuai dengan keinginan mereka. (LA/int/aba/ray/AK)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s