Iran Ungkap Tujuan Baru AS di Suriah

Posted on Updated on

laporanaktual.com-Taheran Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menuturkan, di saat negara lain, termasuk Iran berusaha untuk menyelesaikan krisis yang terjadi di Suriah, Amerika Serikat (AS) justru melakukan hal sebaliknya.

Dalam sebuah wawancara dengan the Asia Society, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di New York, Zarif mengungkapkan tujuan baru AS di Suriah adalah mencegah pemerintah Suriah mengambil kembali wilayah perbatasan dari tangan pemberontak dan ISIS, dan bukan melawan kelompok teroris.

“Hari ini, bagi saya bahwa prioritas telah berubah dan bagi pemerintah AS, lebih penting untuk mencegah pemerintah Suriah mengambil alih perbatasan dengan Irak daripada mengalahkan ISIS,” ucap Zarif, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (28/9).

Dia kemudian menggarisbawahi, bahwa Teheran tertarik untuk mengakhiri konflik di Suriah. Pada saat bersamaan, menurut dia, penyelesaian krisis bukanlah tujuan prioritas bagi Washington.

Mengenai keterlibatan Iran di Suriah, diplomat Iran itu mengatakan tujuan utama Teheran adalah bukan untuk mendukung salah satu kelompok tersebut, tapi untuk memerangi kelompok terorisme.

Pemerintah Iran telah berulang kali menuduh AS mendukung kelompok militan di Suriah, termasuk ISIS dat al-Nusra. Pada bulan April, Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh Washington membantu teroris setelah serangan rudal AS terhadap sebuah pangkalan udara Suriah, dengan mengatakan teroris sedang merayakan serangan tersebut.

Pada gilirannya, Gedung Putih telah mengkritik kebijakan Iran. Selama kunjungannya ke Arab Saudi pada bulan Mei, Presiden Donald Trump menuduh pemerintah Iran menjadi sebuah kediktatoran dan sponsor terorisme, dengan mengatakan bahwa Teheran telah memicu konflik sektarian dan teror di Timur Tengah. (LA/int/a22)

sumber : sindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s