Bantuan Tenda dan Beras Dari Indonesia Diterima Pengungsi Rohingya

Posted on

bd3e07e9-ede2-4db5-9084-3aded2e97268_169.jpg
Bantuan yang dikirim oleh Presiden Joko Widodo untuk pengungsi Rohingya dua hari yang lalu sudah tiba di Myanmar. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)

LAPORANAKTUAL.com, Jakarta – Bantuan kemanusiaan kloter pertama dari pemerintah Indonesia tiba di Bangladesh dan diterima langsung oleh Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina Soemarno di Bandara Shah Amanat, Chittagong.

Berdasarkan keterangan resmi, Jumat (15/9), bantuan itu tiba pada Kamis, sekitar 18.00 waktu setempat. Rina mengatakan akan menyerahkan bantuan itu kepada Komisioner Distrik Chittagong Md Zillur Rahman Chowdhury, perwakilan pemerintah Bangladesh.

“Senang sekali menerima pesawat pertama kiriman bantuan. Sudah ditunggu-tunggu pemerintah Bangladesh karena ada beberapa keterbatasan di lapangan,” kata Rina.

Ia berkata bantuan khusus Indonesia untuk pengungsi Rohingya ini akan langsung didistribusikan kepada pengungsi di Cox’s Bazar, 170 kilometer dari Chittagong.

Menurut Rina, kondisi pengungsian di sana memprihatinkan. Tenda-tenda pengungsian sekarang menampung lebih dari kapasitas dan kamp tambahan akhirnya dibuat seadanya hanya dengan bambu.

“Hanya didukung bambu yang kalau kena angin atau hujan akan terbang,” katanya.

Pesawat pertama ini, Hercules A 1316, membawa bantuan berupa tenda dan selimut.

Secara terpisah, bantuan Indonesia berupa beras 10 ton juga tiba di Bangladesh dengan pesawat Hercules berbeda. Bantuan ini juga langsung didistribusikan kepada pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh dan Myanmar.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelumnya mengatakan pengiriman tenda diutamakan berdasarkan laporan kebutuhan yang diterima pemerintah dari Bangladesh.

Dua hari lalu, Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya dalam empat pesawat Hercules.

Bantuan diberikan berupa selimut, tenda, perlengkapan keluarga, tanki fleksibel, makanan siap saji, beras, gula, dan bahan-bahan pokok lainnya.

Saat ini, dua pesawat lainnya masih berada di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Aceh.

Komandan Satuan Tugas Misi Kenegaraan TNI AU Marsekal Madya Nanang Santoso menuturkan kedua pesawat itu rencananya diberangkatkan ke Chittagong esok hari.

“Secepatnya kami sesuaikan dengan flight clearance (izin terbang) yang diberikan. Kami laksanakan sampai tuntas sesuai yang diamanatkan pemerintah dan rakyat Indonesia,” kata Nanang. (LA/nas/cnnindonesia/AK)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s