Polisi Klaim Punya Bukti Asma Dewi Anggota Saracen

Posted on

b54536d2-0161-440d-aac1-c78fc923bade_169.jpg
Penyidik Dittipidsiber Bareskrim Polri memastikan mengantongi bukti keterlibatan Asma Dewi dalam Saracen meski dibantah sang tersangka. (Screenshoot via Facebook/@Asma Dewi)

LAPORANAKTUAL.com, Jakarta – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal (Dittipidsiber Bareskrim) Polri mengaku mengantongi bukti Asma Dewi masuk dalam struktur kepengurusan Saracen.

Kepala Unit V Subdirektorat III Dittipidsiber Bareskrim Ajun Komisaris Besar Purnomo mengatakan, bukti struktur kepengurusan yang diduga sindikat penyebaran konten ujaran kebencian dan bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) diperoleh lewat informasi di dalam salah satu situs daring.

“Kalau kami lihat di website memang ada strukturnya, memang tercantum di sana (nama Asma Dewi),” kata Purnomo di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Kamis (14/9).

Asma Dewi sendiri, kata Purnomo, sampai saat ini masih menyangkal terkait dan terlibat dalam grup Saracen. Bahkan, lanjut dia, empat pengelola grup Saracen yang telah ditetapkan sebagai tersangka pun membantah terkait keterlibatan Asma Dewi.

Namun, kata Purnomo, hal tersebut tidak menjadi persoalan. Penyidik, tegasnya, akan terus mendalami berbagai bukti-bukti yang telah ditemukan terkait peran Asma Dewi.

“Proses penyidikan masih berlangsung, belum ada pengakuan dari masing-masing. Itu hak mereka untuk menyangkal, tapi penyidik mempunyai bukti-bukti lain,” ujar Purnomo.

Asma Dewi menjadi perhatian publik setelah kasus dugaan transfer Rp75 juta ke grup Saracen diungkap ke publik.

Dalam akun Facebooknya, Asma Dewi mengunggah sejumlah foto dengan sejumlah tokoh, mulai dari Sandiaga Uno, Anies Baswedan, Natalius Pigai, hingga Prabowo Subianto.

Terkait foto Asma dengan Prabowo, partai Gerindra menyatakan itu sebagai foto biasa. Selain itu, partai berlambang kepala burung garuda itu menegaskan Asma Dewi bukanlah kader Gerindra.

“Pak Prabowo itu kan public figure, siapa saja bisa foto dengan dia. Kami tidak mengenal Asma Dewi, mungkin ngaku-ngaku saja,” kata Wakil Ketua Umum Gerindra Arif Poyuono kepada CNNIndonesia.com.

Dia meminta agar polisi mengusut tuntas kasus dugaan kebencian yang diduga melibatkan Asma Dewi dan sindikat Saracen.

“Usut saja,” katanya. (LA/nas/cnnindonesia/AK)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s