Cadangan Devisa Saudi Mencapai Titik Terendah dalam Enam Tahun Terakhir

Posted on

LAPORANAKTUAL.COM – Saudi Arabia, Data terbaru menunjukkan bahwa cadangan devisa Arab Saudi telah mencapai tingkat terendah dalam enam tahun terakhir di saat negara monarki tersebut sedang berjuang menghadapi defisit anggaran yang disebabkan oleh rendahnya harga minyak.

Menurut data yang dirilis oleh Bank Sentral Saudi pada Kamis (24/8/20107), aset luar negeri Saudi turun sebesar 6,3 miliar USD pada bulan Juni menjadi 487 USD miliar di bulan Juli, yaitu tingkat terendah sejak awal 2011.

Cadangan devisa Saudi juga turun 12,8 persen dari tahun sebelumnya.

Pada bulan Juni 2017, cadangan tersebut naik setiap bulan untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun, mendorong spekulasi bahwa Riyadh mungkin telah mengurangi defisitnya sehingga tidak perlu lagi menarik asetnya.

Cadangan devisa Arab Saudi turun di bawah angka 500 miliar USD pada bulan April untuk pertama kalinya sejak 2011.

Data hari Kamis juga menunjukkan bahwa pinjaman bank yang beredar ke sektor swasta Saudi telah menyusut dari tahun sebelumnya hingga bulan kelima secara berturut-turut sampai pada bulan Juli.

Keuangan Arab Saudi, sebagai produsen minyak mentah terbesar kedua di dunia dan eksportir minyak terbesar, terpukul oleh penurunan harga minyak yang mencapai 100 USD per barel pada tahun 2014, namun anjlok hingga di bawah 40 USD dua tahun kemudian.

Penurunan harga minyak global mendorong Riyadh memperketat pengeluaran publik dan mengambil berbagai langkah pengetatan ekonomi.

Keuangan Saudi juga dipengaruhi oleh biaya agresi militer ke Yaman.(LA/Int/RR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s