Bongkar Sindikat Ekstasi, Kapolri: Kita Selamatkan 2,4 Juta Orang

Posted on

 

 

Selasa, 1 agustus 2017

 

Laporanaktual.com, Jakarta– Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menilai pengungkapan kasus 1,2 butir pil ekstasi bisa menyelamatkan 2,4 juta orang.

Asumsinya satu butir ekstasi dikonsumsi untuk dua orang. Jika dirupiahkan, nilainya mencapai Rp600 miliar. “Dari pengungkapan kasus ini kita berhasil menyelamatkan 2,4 orang dari penggunaan narkoba,” ujar Tito saat ekspose pengungkapan kasus 1,2 juta butir ekstasi di Mabes Polri, Selasa (1/8/2017).

Hadir juga dalam ekspose, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Dirjen Bea Cukai Heru Prambudi, Kabareskrim Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto dan Direktur IV Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Eko Daniyanto.

Menurut Tito, barang haram tersebut didapat dari sebuah gudang di Kabupaten Bekasi, Banten. Turut diamankan tiga orang pelaku, satu di antaranya tewas ditembak petugas karena berusaha melawan saat hendak ditangkap.

Tito menjelaskan, jaringan jutaan ekstasi ini dikendalikan oleh Aseng, narapidana Nusakambangan, Jawa Tengah. Aseng adalah terpidana 15 tahun kasus narkoba. ‎”Kita akan berkoordinasi dengan Kemenkum HAM untuk memeriksa Aseng di Lapas,” ungkapnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan menggali lebih jauh bagaimana Aseng memasukan barang tersebut ke Indonesia. Apakah melalui jalur laut, udara atau darat. “Kita juga berterima kasih kepada Bea Cukai yang turut membantu mengungkapkan kasus ini,” katanya. (LA/NS/A22)

sumber : sindo news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s