Plot untuk menjatuhkan pesawat yang digagalkan di Australia setelah serangan di Sydney

Posted on

laporanaktual.com- Australia. Empat orang telah ditangkap dalam serangan malam oleh gugus tugas kontra-terorisme Australia mengenai dugaan rencana untuk meledakkan sebuah pesawat penumpang, Perdana Menteri Malcolm Turnbull telah mengkonfirmasi. Polisi federal yakin bahwa serangan yang direncanakan adalah “terorisme yang terinspirasi oleh Islam.”

Polisi telah memperoleh informasi bahwa “beberapa orang di Sydney berencana melakukan serangan teroris dengan menggunakan tipuan improvisasi,” Komisioner Polisi Federal Australia Andrew Colvin mengatakan kepada wartawan.

Plot tersebut diyakini terkait dengan “terorisme yang terinspirasi Islam,” kata Colvin. Dia tidak menentukan apakah ada kelompok teroris, seperti Negara Islam (IS, ISIS / ISIL), telah dikaitkan dengan serangan yang gagal tersebut.

Polisi federal “menyelidiki informasi yang mengindikasikan industri penerbangan berpotensi menjadi target serangan tersebut,” Colvin menambahkan.

Dia mengatakan tidak ada indikasi bahwa keamanan bandara “dikompromikan” setiap saat.

“Empat orang telah ditahan dan membantu polisi dengan pertanyaan mereka,” kata Polisi Federal Australia dalam sebuah pernyataan.

“Masyarakat harus diyakinkan bahwa badan keamanan dan intelijen kami bekerja tanpa lelah untuk menjaga agar tetap aman,” kata PM Turnbull dalam sebuah pernyataan sebelumnya.

Keamanan di bandara Sydney meningkat pada hari Kamis untuk mengantisipasi kemungkinan serangan, dengan tindakan serupa diterapkan di bandara di seluruh negeri.

Ancaman terorisme Australia tetap pada tingkat “kemungkinan” yang sama seperti sebelum penggerebekan.

Turnbull menasehati para pelancong untuk mengharapkan penundaan karena meningkatnya keamanan bandara namun mengatakan tidak ada bahaya yang akan terjadi.

“Beberapa tindakan akan terlihat jelas bagi publik, beberapa tidak akan – mereka yang bepergian harus menjalankan bisnis mereka dengan percaya diri,” kata Turnbull, seperti dikutip oleh Reuters.

“Kantor keamanan transportasi telah menyarankan penyaringan keamanan akan memakan waktu lebih lama, dan wisatawan harus tiba di terminal setidaknya dua jam sebelum penerbangan mengizinkan waktu yang cukup untuk skrining.

“Mereka harus membatasi jumlah barang bawaan dan bagasi tercatat, karena ini akan membantu memastikan bahwa penyaringan keamanan efisien.”

Pekan lalu, Turnbull merilis sebuah pernyataan video online di mana dia mengumumkan reformasi besar badan-badan terorisme Australia.

Dengan sedikit informasi yang dikeluarkan oleh polisi mengenai tersangka, beberapa rincian operasi kontra-terorisme telah muncul dalam laporan media.

Setelah melakukan penggerebekan di pinggiran timur kota Surry Hills, seorang pria dikawal dari sebuah rumah dengan selembar kain putih menutupi kepala dan bahunya. Kepalanya terbungkus perban.

Sebelum diusir dengan ambulans, pria tersebut mengatakan kepada wartawan bahwa mereka berkumpul di properti itu, bahwa dia “tidak tahu” apa yang dicurigainya. “Mereka memukul saya,” katanya, mengacu pada penangkapan polisi.

Seorang wanita tua mengenakan jilbab, dengan wajah tertutup jaket, juga terlihat diantar dari properti oleh polisi. Wanita lain yang tangannya diikat diikat oleh petugas medis di tempat kejadian, lapor The Daily Telegraph. Tidak jelas apakah ada wanita yang akan dikenai tuduhan. Saksi yang dikutip oleh outlet tersebut mengatakan bahwa mereka mendengar teriakan keras selama operasi yang dilaporkan melibatkan sekitar 40 polisi anti huru hara bersenjata, yang menyerbu ke rumah dari depan dan belakang, menghancurkan bagian pagar belakang, The Sydney Morning Herald melaporkan.

Sebuah unit pembuangan bom dipanggil ke tempat kejadian dan sebuah jalan di dekat properti tersebut secara tertutup tertutup rapat.Dengan tidak ada konfirmasi resmi yang akan datang, Saluran 7 Australia melaporkan bahwa sebuah alat peledak ditemukan.

Serangan polisi lainnya dilakukan di sebuah properti yang terletak di Wiley Park, sebuah daerah pinggiran di barat daya Sydney. Menurut tetangga, pria yang ditahan polisi berusia sekitar 50 tahun, tinggal bersama saudaranya, menikmati kunjungan keluarga sesekali dan memiliki satu hal untuk kucing; Menjaga lebih dari selusin kucing di rumah.

“Dia adalah orang yang aneh, dia tidak pernah menatap Anda saat Anda berbicara dengannya,” kata salah satu tetangga kepada Daily Telegraph.

Di Punchbowl, juga di barat daya Sydney, polisi dilaporkan menggerebek sebuah rumah keluarga Lebanon. Saksi mata mengatakan bahwa mereka mendengar seorang wanita menjerit dan melihat polisi menanyai empat wanita dan seorang pria dengan kursi roda.

“Kami tidak benar-benar mengenal mereka, kami hanya menyapa karena mereka orang Lebanon juga. Mereka tampak seperti orang baik, “kata tetangga yang dikutip.

Serangan lain dilakukan di Lakembam, barat daya Sydney. Polisi terlihat dengan masker gas saat mereka memasuki properti tersebut namun tidak ada rincian lebih lanjut yang dirilis. (LA/int/rt/AK)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s