Iran: Kami Tak Butuh Izin Siapapun untuk Bangun Kekuatan Rudal

Posted on

Laporanaktual.com-taheran Iran menegaskan, mereka tidak membutuhkan izin dari negara manapun untuk mengembangkan kekuatan pertahanan mereka, termasuk di dalamnya mengembangkan kekuatan rudal. Teheran menyatakan, pengembangan kemampuan rudal tidak melanggar kesepakatan nuklir dengan lima negara kekuatan dunia.

“Iran tidak akan meminta izin siapapun untuk melakukan sesuatu yang terkait pertahanan dan masalah keamanan nasional dan akan melakukan apapun yang benar untuk memastikan keamanan negara,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Urusan Hukum dan Internasional Iran, Abbas Araqchi.
“Salah satu hasil dari JCPOA adalah bahwa rudal dan isu nuklir tidak lagi dianggap terkait,” sambungnya merujuk pada kesepakatan nuklir, seperti dilansir IRNA pada Minggu (30/7).
Dia mengatakan, Isu rudal tersebut memang disebutkan dalam Resolusi 2223 oleh DK PBB. Namun, hanya meminta Iran untuk tidak melakukan aktivitas yang berkaitan dengan rudal balistik yang dirancang untuk dapat membawa hulu ledak nuklir, dan dia memastikan rudal Iran tidak mampu melakukan itu.
Araqchi juga mengatakan, Iran tidak akan membiarkan siapapun mencampuri masalah keamanan nasional, dan akan memperluas kekuatan rudalnya.
Sebelumnya, Pemerintah Iran telah bersumpah untuk terus melanjutkan program rudalnya meski dijatuhi sanksi baru oleh Amerika Serikat (AS). Teheran mencela sanksi tersebut sebagai upaya AS untuk melemahkan kesepakatan nuklir.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Ghasemi mengatakan, Teheran telah menganggap langkah AS sebagai tindakan bermusuhan, tercela dan tidak dapat diterima. (laporanaktual/INT/A22)
sumber : sindo news

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s