Jokowi: Indonesia Akan Jadi 4 Besar Negara Terkuat pada 2045

Posted on Updated on

Laporanaktual.com-Jakarta Presiden Joko Widodo meyakini, pada 2040-2045, Indonesia akan masuk empat besar negara terkuat ekonomi.

Namun, untuk mencapai hal itu, infrastruktur dan sumber daya manusia Indonesia harus baik.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam peluncuran program pendidikan vokasi dan industri, di Cikarang, Jumat (28/7/2017).

Jokowi mengatakan, pemerintah sekarang ini memang baru fokus dan berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur, baik berupa pembangunan pelabuhan, jalur kereta api luar Jawa, pembangunan jalan tol, dan juga pembangunan pembangkit listrik.

Menurut dia, infrastruktur sangat penting untuk mempersiapkan daya saing Indonesia agar bisa berkompetisi dengan negara-negara lain.

“Tetapi setelah infrastuktur ini, dalam proses beberapa sudah selesai, beberapa akan selesai, tahapan besar kedua yang harus kita lakukan adalah pembangunan SDM, pembangunan sumber daya manusia,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, saat ini pengembangan SDM sudah dimulai dengan program pelatihan dan kerja sama antara industri dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Pondok Pesantren.

“Saya senang sekali bahwa SMK sekarang sudah bekerja sama dengan industri,” ucap Jokowi.

“Saya ingin agar BUMN-BUMN kita, swasta-swasta besar kita kerja sama, dengan pondok pesantren, dengan SMK-SMK,” tambah dia. (jokowi meminta mendikbud tentang SMK)

Kepala Negara meyakini, dengan kombinasi infrastruktur dan SDM yang baik, maka Indonesia akan menjadi negara yang kuat secara ekonomi.

Apalagi, ia mengaku sudah melihat sendiri bahwa anak muda di Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah dari negara lain.

“Hitungan kita, asal jangan ada turbulensi politik, hitungan kita nanti 2040-2045 kita akan menjadi 4 besar negara terkuat ekonomi,” ucap Jokowi.(LA/NA/A22)

Sumber : kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s